Stand Adiwiyata Pada HUT Pandeglang


Pada kegiatan ulang tahun Kapubaten  Pandeglang, Pemerintah Kabupaten setempat mengadakan beraneka ragam pameran,mulai dari pameran komersial yang memamerkan sekaligus menjual aneka ragam benda ,dari mulai sandang,pangan dan lainnya . berbagai stand-stand pun ikut memeriahkan kegiatan pameran ini, mulai dari stand perwakilan kecamatan-kecamatan yang ada di Kabupaten Pandeglang yang menampilkan benda-benda,seni dan tradisi khas wilayahnya masing-masing, dinas-dinas pemerintahan Kabupaten Pandeglang yang menampilkan peralatan,hasil dan benda-benda lainnya dan bahkan para aparat ikut memeriahkan kegiatan dengan membangun stand pada pameran ini seperti TNI,POLRI,Pemadam,Satpol PP.
Dalam pameran ini Sekolah Adiwiyata SMA Negeri 1 Pandeglang pun ikut serta dalam pameran tersebut,dan kami telah bergabung dengan stand dinas Lingkungan Hidup Kabupaten pandeglang dan kami menampilkan hasil-hasil dari kreatifitas kami kompos dan benda-benda kerajinan  3R(reduce,recycle,reuse).
Dan ini adalah foto-foto hasil kegiatan kami dalam rangka pameran hari jadinya Kabupaten Pandeglang:

1.Stand Kantor Lingkungan Hidup;

Karena SMA Negeri 1 Pandeglang merupakan sekolah yang berwawasan lingkungan ,oleh karena itu dalam rangka HUT Kabupaten Pandeglang kami bekerjasama dengan stand kantor lingkungan hidup,untuk memamerkan kerajinan-kerajinan dan hasil kerja dari masyarakat lingkungan sekolah yang di pampang melalui stand ini.

2. Pemanfaatan Limbah bekas yang di sulap menjadi Hasta karya yang unik;

  Kerajinan-kerajinan ini merupakan buah tangan dari guru maupun siswa-siswi yang berpartisipasi dalam kegiatan adiwiyata.  
   
3. Terrarium Biopori


Terrarium Biopori merupakan replika dari penggunaan biopori dalam keseharian,biopori merupakan sumur kecil resapan yang digunakan untuk meminimalisir air yang terdapat pada permukaan tanah,dalam biopori kita dapat memasukkan sampah jenis organik yang nantinya akan membusuk dan dapat digunakan untuk pupuk organik.             

4. Kompos padat & Kompos Cair;
Kompos cair dan kompos padat merupakan hasil dari pemanfaatan limbah organik ,diantaranya kompos padat diolah yang sebelumnya limbah daun kering lalu cacah dan didiamkan beberapa minggu untuk fermentasi yang dicampurkan dengan kompos cair setelah itu di balik dan di ayak dengan menggunakan saringan lalu dikemas kedalam plastik dan diberi logo, sedangkan kompos cair merupakan olahan dari limbah sayuran yang di tempatkan pada komposter yang di desain memiliki saringan dan keran sehingga limbah sayuran tersebut akan di campurkan molase(air gula) dan beberapa hari pada proses fermentasi sehingga keran dapat di buka dan kompos cair pun di tampung di wadah bekas botol dan diberi logo sehingga dapat di jual ke pasaran.

5. Komposter;   
Komposter merupakan tempat untuk pemprosesan limbah sayuran yang nantinya akan menjadi kompos cair , didalam komposter ter dapat saringan untuk menadahkan ampas sayuran dan diluarnya terdapat keran yang berfungsi untuk mengalirkan kompos cair yang akan di tempatkan ke dalam limbah botol bekas.

6. Trophy;

Dalam beberapa perlombaan SMA Negeri 1 Pandeglang mendapatkan beberapa trophy dan penghargaan yang kami pamerkan di stand tersebut.

7. Kunjungan dari Bupati & Wakil Bupati Pandeglang;

                       Bapak Bupati Pandeglang sedang melihat dan mendengarkan instruksi dari Ketua Tim Adiwiyata SMA Negeri 1 Pandeglang mengenai cara kerja Biopori.

                       Demikianlah Kegiatan Mengenai HUT Kabupaten Pandeglang yang diselenggarakan di Alun-alun Kabupaten Pandeglang.